[Jalan-jalan] Bina Sarana Bakti

Kalau kita sempat ke Cisarua, tepatnya sebelum Puncak dari arah Jakarta, mampirlah ke Bina Sarana Bakti. Bina Sarana Bakti (BSB) adalah sebuah Yayasan yang sejak didirikan konsisten mengembangkan sikap hidup organis. Sesuai dengan namanya: Bina berarti membangun, membimbing, memelihara; saranan berarti media atau alat; dan bakti yang berarti pelayanan, BSB ingin membantu setiap orang untuk membangun sikap hidup organis.

Yayasan ini berdiri sekitar 20 tahun yang lalu dan memulai karyanya di bidang pertanian organis.
Pertanian organis ini menerapkan prinsip-prinsip selaras alam di dalam praktek pertaniannya. Di lahan yang cukup luas, mereka membangun sebuah model pertanian organis. Dari model tersebut mereka membuktikan bahwa produktivitas tanah yang dikelola dengan cara organis tidak kalah dengan yang dikelola dengan bahan-bahan kimia. Bahkan, dari praktek tersebut mereka menunjukkan bahwa produktivitas tanah mereka makin lama makin baik. Pada tahun-tahun awal, asupan bahan organis yang dimasukkan memang besar, tetapi kebutuhannya akan terus menurun dengan meningkatnya kualitas tanah yang dikelola secara organis.

Sebaliknya dengan pertanian kimia, lahan-lahan yang menggunakan cara bertani dengan bahan kimia terus menunjukkan penurunan produktivitas dari tahun ke tahun. Pupuk kimia dan pestisida yang dibutuhkan untuk setiap luasan lahan semakin besar dari tahun ke tahun. Ini menyulitkan petani yang pada saat yang sama harus mengeluarkan biaya tambahan untuk kenaikan harga pupuk dan pestisida dengan berkurangnya subsidi yang diberikan pemerintah untuk sektor pertanian.

Inilah salah satu yang menjadi kepedulian BSB. Di samping membuat model pertanian organis, BSB juga menyediakan layanan pelatihan bagi mereka-mereka yang ingin mengembangkan pertanian organis. Siapa saja, yang tertarik untuk menjadi petani organis dapat datang ke BSB untuk belajar. Waktu belajarannya bervariasi, mulai dari kunjungan singkat beberapa jam, setengah hari, satu hari, 3 hari, 1 minggu atau magang selama beberapa bulan tergantung dari kebutuhan. Belajar tentang pertanian organis tidak hanya dengan teori atau penjelasan di kelas, tetapi juga di ajak ke lahan dan mengamati langsung. Bahkan bagi peserta magang, mereka juga ikut bekerja langsung di kebun. Mereka yang mengikuti pelatihan yang menginap, bisa ikut tinggal di BSB dan mengikuti rutinitas keseharian di sana.

Alumni program-program pelatihan BSB sudah banyak sekali. Beberapa dari mereka mengembangkan lahan pertanian organis sendiri. Ada dari mereka yang petani, ada yang pengusaha atau karyawan perusahaan yang kemudian beralih profesi menjadi petani, ada juga yang aktivis LSM pendamping petani. Ada yang datang perorangan, ada yang berkelompok.

BSB juga menyediakan produk-produk pertanian organis. Bagi mereka yang tinggal di Jakarta, BSB menyediakan layanan pengantaran bagi mereka yang memesan cukup banyak. Mereka yang konsumsi produk organisnya sedikit dapat membentuk kelompok dengan mereka yang rumahnya berdekatan dan menerima kiriman produk secara periodik di satu tempat yang mereka tentukan bersama. BSB memiliki harga pokok yang ditentukan berdasarkan prinsip-prinsip pemasaran yang berkeadilan bagi petani dan konsumen. Tentu saja, konsumen dapat memberikan sumbangan lebih bila mereka ingin lebih mendukung pertanian organis, sumber pangan mereka.

Jika anda berminat, silakan mampir ke:
Bina Sarana Bakti
Jln Gandamanah, Tugu Selatan
PO BOX 32, Cisarua, Bogor 16750, Indonesia
Telp. 0251-254531 Fax. 0251-253334

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...