[Tips] Mendukung Gerakan Kedaulatan Pangan Petani Kecil

- Kurangilah membeli produk-produk pangan buatan pabrik, apalagi bila pabriknya milik perusahaan-perusahaan multinasional.
- Belilah produk lokal, yang diproduksi di dalam negeri oleh petani-petani kecil. Kalau bisa, pilihlah produk yang diproduksi lebih dekat dengan tempat kita.
- Lebih baik lagi jika, produk tersebut dibeli langsung dari petani produsen. Cara ini akan memotong rantai pemasaran yang panjang. Selain produknya lebih segar, kita akan memberikan lebih banyak keuntungan untuk petani produsen.
- Usahakan membeli produk pertanian yang diproduksi secara organis. Selain lebih sehat, produk-produk ini ramah lingkungan. Telitilah produk organis yang anda beli, apakah:
o Diproduksi oleh petani kecil ataukah oleh perusahaan besar? Pilihlah produk yang diproduksi oleh petani kecil.
o Inputnya dibuat sendiri oleh petani atau menggunakan input organis buatan pabrik? Pilihlah produk organis yang inputnya diproduksi sendiri oleh petani.
o Petani menjual secara langsung produknya atau melalui pedagang perantara? Pilihlah produk yang dibeli langsung dari petani.
o Jika produk tersebut diperoleh melalui pedagang perantara, bagaimana sistem penentuan harganya? Apakah ditentukan berdasarkan konsep perdagangan yang adil (fairtrade) atau ditentukan secara sepihak oleh pedagang perantara? Pilihlah produk yang menggunakan prinsip perdagangan yang adil.

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...