[Media] POTRET: Majalah khusus Perempuan di Aceh

Di dalam konstruksi masyarakat yang patriarki, perempuan ditempatkan sebagai obyek. Sebagai obyek, tentunya perempuan hanya dijadikan sebagai ‘si penderita’, ‘ si pelengkap’ ataupun sasaran. Fenomena ‘pengobyekan’ perempuan ini kita lihat hampir di semua sektor, domestik ataupun publik. Untuk yang terakhir, salah satu contohnya di media.
Hal inilah yang dijadikan dasar pemikiran CCDE (Center for Community Development and Education) Banda Aceh, untuk menerbitkan buletin POTRET. Di dalam sebuah edisi, redaksi POTRET mengungkapkan bahwa Perempuan hanya dieksploitasi untuk kepentingan sebuah media yang menafikan potensi dan akses serta kontrol perempuan terhadap media. Idealnya, perempuan adalah sebagai subyek atau pelaku media yang dapat mengembangkan potensi menulis mereka.
Oleh karena itulah POTRET dijadikan sebagai Media Perempuan Aceh, sebuah media pembelajaran bagi perempuan Aceh untuk mengasah kemampuan dan keterampilan menulis. Perempuan diyakini memiliki potensi menulis yang sangat besar. Selain itu perempuan memiliki banyak problema yang penting dan menarik untuk ditulis.

POTRET adalah buletin bulanan yang diterbitkan CCDE dan didukung oleh Hivos. Pada setiap edisinya, POTRET mengangkat tema-tema yang memang sangat menyentuh perempuan. Dari tema Pendidikan yang publik sampai ke tema Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang domestik.
Rubrik-rubrik POTRET terdiri dari: Salam Redaksi, Surat Pembaca, Sorot, Bingkai, Potret Utama, Blitz !!, Profil, Tips, Sastra, Info Program dan rubrik English Version. Isi pada rubrik Salam Redaksi dan Surat Pembaca, sama seperti yang terdapat di dalam buletin / majalah lain. Pada Sorot, menampilkan artikel yang menggambarkan tema edisi yang bersangkutan dan bersifat lebih teoritis. Sedangkan pada bagian Bingkai, yang biasanya terdiri dari beberapa artikel, memuat pendapat, pandangan ataupun pengalaman – pengalaman penulisnya, umumnya bersifat subyektif. Bagian Potret Utama, masih menggambarkan tentang tema utama dan memasukkan langkah-langkah strategis seputar permasalahan dari tema utama. Pada bagian ini terkadang memuat beberapa artikel dan selalu ada artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris (English Version). Blitz ! berisi tulisan-tulisan singkat tentang info Pelanggan, Tips, Agenda Kegiatan CCDE, ataupun pengumuman-pengumuman dari luar CCDE. Sedangkan isi Info Program seperti laporan kegiatan yang dilakukan CCDE. POTRET juga menampilkan rubrik Sastra, yang biasanya memuat cerpen ataupun puisi, yang isinya sesuai tema POTRET.
POTRET yang dimaksudkan sebagai wadah / tempat bagi perempuan Aceh untuk berlatih menulis, meningkatkan kapasitas perempuan Aceh dan hadir dalam rangka membangun budaya menulis di kalangan perempuan Aceh*, kiranya dapat terwujud.
Kemudian, POTRET diharapkan melahirkan "POTRET-POTRET" perempuan Aceh yang tangguh dan cerdas. (Lola)
* Diambil dari Salam Redaksi POTRET edisi September 2006.

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...