[JALAN-JALAN] Menengok Dapur Relawan YPBB

Sejak pertama kali didirikan, YPBB sebagai organisasi non-profit berbasis relawan, melibatkan banyak peran relawan hampir di dalam setiap kegiatannya. Mereka yang jadi garda depan YPBB ini mendedikasikan waktu dan tenaganya, bahu membahu merealisasikan cita-cita bersama tentang kualitas hidup manusia yang baik, dengan memperbaiki kualitas lingkungan alamnya. YPBB melihat ini sebagai satu dari beberapa titik kampanye hidup organis yang sejalan dengan visi dan misi YPBB. Karena itulah Divisi Relawan dibentuk.  Saat ini divisi relawan YPBB dikelola oleh dua orang staf dengan total jumlah rata-rata jam kerja sebesar 40 jam efektif/bulan.

Dokumen YPBB
Pertemuan Relawan untuk Revisi Katalog Diet Karbon, bertempat di selasar kampus ITB



Bagi YPBB, relawan bukan sekedar orang-orang tambahan yang membantu lancarnya kegiatan. Mereka adalah mitra utama dalam pencapaian visi dan misi YPBB. Sementara bagi relawan, banyak manfaat yang mereka dapatkan dengan berkegiatan bersama YPBB. Dari mulai mendapatkan kesempatan penyaluran kepedulian terhadap lingkungan hidup secara efektif sesuai minat, kemampuan, dan waktu yang dimiliki, kesempatan pengembangan kapasitas diri dalam usaha penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup, kesempatan bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang satu visi tentang lingkungan hidup dan ikut serta dalam kegiatan seru yang bermanfaat.

Dokumen YPBB
Para relawan peserta uji coba pelatihan pemanasan global, kantor Cigadung
Dokumen YPBB
Para relawan di pameran Envirovolution, Lapangan Kampus ITB, Bandung

YPBB berperan sebagai penyelenggara kegiatan dan menjamin relawan dapat mengontribusikan yang terbaik dari tenaga dan waktu yang telah disediakannya. YPBB akan menangani segala urusan administrasi, operasional dan konseptual.

Beberapa layanan yang diberikan oleh YPBB kepada berupa pendaftaran melalu media online: dan offline. Informasi kegiatan secara berkala melalui berbagai media seperti: pertemuan rutin relawan, email, situs jejaring sosial (facebook, twitter dan blog) dan SMS (Short Message Service). Juga diberikan fasilitas pelatihan untuk menunjang efektivitas berkegiatan. Layanan pencatatan berbagai aktivitas relawan juga diberikan sebagai salah satu bentuk rekognisi. Catatan tersebut akan dikompilasi dan didokumentasikan dalam bentuk sertifikat. Pembagian sertifikat biasanya dilakukan setahun sekali pada pertemuan relawan tahunan.     Untuk peranan relawan tertentu, dibuatkan juga surat kesepakatan kerja sama antara YPBB dengan relawan. Pada kegiatan yang intensitasnya relatif tinggi dan menuntut tanggung jawab, relawan bisa mendapatkan dukungan dana transportasi. Dalam setiap kegiatan, YPBB senantiasa berupaya menyediakan konsumsi bagi para relawan. Bentuk fasilitas konsumsi pada setiap kegiatan didasarkan pada waktu dan durasi kegiatan, serta alokasi dana yang sudah ditentukan dalam kegiatan tersebut.






Dokumen YPBB
Seorang relawan mendemonstrasikan pembuatan kertas daur ulang, di Taman Cilaki, Bandung

YPBB dalam setahun terakhir ini (2011-2012) melibatkan relawan dalam aneka kegiatan YPBB sebagai relawan notulis, tim kampanye #ZeroWaste (salah satunya relawan trainer), relawan reporter, relawan EO (dokumentasi, konsumsi, peralatan). Perkembangan teknologi sekarang membantu menjembatani peran relawan yang tidak dapat hadir secara fisik dalam kegiatan namun sangat ingin ikut terlibat dalam kegiatan YPBB seperti pada program kegiatan relawan penerjemah.

Dokumen YPBB
Para relawan YPBB mendata ATK kantor yang dapat digunakan kembali

Perkembangan jaman menjadi salah satu tantangan yang dialami oleh tim YPBB relawan dalam membangun dan memelihara jaringan relawan ini. Dimana saat ini pola kegiatan kerelawanan sudah jauh berbeda dibandingkan dengan awal YPBB dibangun. Tantangan lainnya adalah berbagi visi pengelolaan relawan dengan staf divisi lain. Kami menjawabnya dengan penyediaan SOP pengelolaan relawan dan juga merutinisasi SOP tersebut.

Kreatif dan inovatif! 

Itulah kunci dari pengelolaan progam relawan YPBB sehingga relawan dapat mengkontribusikan yang terbaik dari tenaga dan waktu yang telah disediakannya. Tentunya menuju pencapaian visi YPBB.

Tertarik untuk menjadi relawan YPBB:
Info tentang YPBB:
Twitter: https://twitter.com/ypbbbdg

(Oleh : Anilawati Nurwakhidin dan Tim YPBB)

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...