Editorial Pro:aktif Online, edisi Agustus 2013



Salam inspiratif dan transformatif!

Pro:aktif Online edisi Agustus 2013 kembali hadir dengan tema “Anak dan Tantangan Jaman”.

Perbincangan soal anak seperti tak ada habisnya untuk dibahas. Apalagi, dengan segala perubahan dan percepatan yang dialami dunia dalam hal teknologi dan informasi, segala hal terkait mengasuh dan membesarkan anak mendapat imbasnya juga. Oleh karena itu, tema kali ini fokus kepada permasalahan seputar anak serta tantangan yang dihadapi oleh para orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka bertumbuh dan belajar di masa kini.

Mari kita tengok lebih jauh lagi butir-butir inspirasi dari edisi kali ini!

Pada rubrik Pikir, terdapat dua artikel. Pertama, artikel yang ditulis oleh Andy Sutioso, pemerhati pendidikan dan pendiri Rumah Belajar Semi Palar Bandung. Beliau memaparkan realita yang dihadapi oleh anak-anak di masa kini. Mulai dari berkurangnya ruang bermain dan belajar pada anak, hingga perkembangan teknologi yang dihadapi anak masa kini. Artikel kedua, ditulis oleh Navita, mengulas berbagai jenis pola asuh yang bisa diterapkan pada anak, serta berbagai kemungkinan karakter anak yang dihasilkan dari jenis-jenis pola asuh tersebut.

Pada rubrik Masalah Kita, Melly Amalia dan David Ardes menuliskan hasil wawancara tertulis terhadap beberapa orang tua mengenai hal-hal apa saja yang menjadi tantangan mereka dalam mengasuh dan membesarkan anak, serta bagaimana para orang tua tersebut menyiasati pola pengasuhan di masa kini.

Selanjutnya, pada rubrik Opini, Dominika Oktavira Arumdati (Ira), praktisi homeschooler dan permaculture di Yogyakarta mengungkapkan betapa pentingnya para orang tua untuk menjadi melek media dan teknologi, agar dapat memahami perkembangan teknologi digital, serta dapat mendampingi putra-putri mereka bertumbuh di era digital.

Kemudian, di rubrik Tips, Ardanti Andiarti aktivis pendidikan di Bandung, mengupas berbagai langkah inspiratif bagi para orang tua dalam membangun kepedulian sosial pada anak di jaman yang semakin individual ini.

Berikutnya, pada rubrik Media, kita dapat menemukan pemaparan Agustein Okamita, seorang ibu dari dua anak homeschooler serta relawan kami di Kuncup Padang Ilalang (KAIL), tentang pengalamannya berinternet bersama kedua anaknya. Dari artikel ini, kita juga dapat mengetahui beberapa alamat website yang bermanfaat untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak.

Rubrik Profil kali ini diisi oleh sebuah komunitas yang menawarkan kegiatan alternatif dan edukatif bagi anak-anak di perkotaan, yaitu Komunitas Sahabat Kota (KSK) yang beralamat di Kota Bandung.

Rubrik Jalan-Jalan diisi oleh David Ardes Setiady, staff kami di Kuncup Padang Ilalang. Ia menuliskan hasil kunjungannya ke Sanggar Waringin yang berlokasi di dekat terminal angkutan umum Stasiun Besar Bandung. Membaca artikel ini, kita akan dibuat terkejut oleh ulasannya, betapa tempat yang dahulu memiliki sejarah kelam, kini telah disulap menjadi sebuah tempat bermain dan belajar bagi anak-anak jalanan maupun warga di sekitarnya.

Akhir kata, kami sebagai redaksi Pro:aktif Online mengucapkan selamat membaca, selamat menemukan butir-butir inspirasi dari edisi “Anak dan Tantangan Jaman” ini!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...