[PROFIL] Komunitas Sahabat Kota


Apa yang akan terjadi puluhan tahun ke depan jika tidak ada orang yang peduli akan lingkungan hidupnya? Hal ini patut kita pikirkan bersama. Tidak hanya kita saja yang akan merasakan manfaat lingkungan dan hidup di dalamnya, namun anak cucu kita juga akan merasakan hal yang sama. Tapi bagaimana jika kondisi lingkungan yang kita nikmati sekarang berbeda dengan apa yang akan anak cucu kita rasakan nanti?
Maka,  kita sebagai manusia yang hidup di dalamnya harus menjaga kondisi lingkungan dan berusaha untuk melestarikannya. Atas dasar tersebut didirikanlah sebuah organisasi sosial yang begerak dalam bidang pendidikan informal mengenai lingkungan kota yang dikemas secara menarik bagi anak-anak. Mengapa anak-anak? Pendidikan mengenai lingkungan kota harus diterapkan sejak dini, mereka harus mengetahui kondisi dan memiliki rasa cinta terhadap lingkungannya. Maka saat mereka beranjak dewasa
dan memegang peran penting di lingkungannya, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungannya.
Komunitas Sahabat Kota (KSK) dibentuk sejak tahun 2007 oleh 6 pemuda dari Bandung. Pada awalnya program KSK dibuat untuk mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang menyenangkan. Anak-anak diajak berjalan-jalan mengelilingi kota untuk mengamati bagaimana kondisi lingkungan kota. Mereka diajak untuk berpikir secara kritis dalam mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka.


Kini, KSK dengan gerakan Come Out and Play-nya aktif mengajak anak-anak untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, Alun Ulin dan Sahabat Kota Summer Camp. Kidsventure Club merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan, di sini anak-anak diajak belajar dan bermain untuk mengeksplorasi kota dengan tema yang berbeda setiap bulannya.
Program lainnya ialah Alun Ulin. Alun Ulin berasal dari bahasa Sunda 'Alun-alun Keur Ulin' yang berarti pusat kumpul dan bermain. Pada program ini anak-anak diarahkan sebagai co-designer ruang bermain mereka, di sini mereka akan menjadi user, tester, informant, dan partner design. Anak-anak akan diberi workshop co-design dengan metode design thinking, storytelling dan pendekatan ESD (Education for Sustainable Development) yang merupakan dasar dari aktivitas Sahabat Kota.
Sahabat Kota Summer Camp ialah program yang dirancang sekali dalam setahun untuk mengisi liburan anak-anak dengan kegiatan yang menyenangkan dan edukatif. Mereka akan menjelajahi dan mengeksplorasi kota dalam beberapa hari untuk memacu mereka agar memiliki critical thinking dan kepedulian terhadap lingkungan kotanya.


Selain kegiatan di atas, KSK juga memperluas kerjasamanya dengan pihak luar dalam upaya menciptakan kota ramah anak. Beberapa proyek kerjasama dengan pihak luar tersebut antara lain Baraya Sakola, Petualangan Banyu dan Visual Artist for City Movement.
Baraya Sakola merupakan proyek kerjasama dengan beberapa sekolah dasar dan komunitas anak di Kota Bandung. KSK bekerjasama dengan organisasi-organisasi tersebut agar program-program KSK dikenalkan sebagai pengisi mata pelajaran atau ekstra kurikuler.
Petualangan Banyu merupakan proyek kerjasama dengan salah satu komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, yaitu Greeneration Indonesia. Proyek Petualangan Banyu merupakan proses pembuatan serial film animasi edukatif dengan basis ESD untuk anak-anak usia 6-12 tahun yang mengambil tema lingkungan, seperti energi, sampah dan air. Film animasi ini pertama kali dibuat pada tahun 2009.
Proyek ketiga adalah Visual Arts for City Movement. Dalam proyek ini KSK bekerjasama dengan seorang seniman, yaitu Oma Anna, untuk menciptakan karya seni visual yang merepresentasikan sebuah kota yang ideal. Karya seni visual ini berupa notebook hasil buatan tangan Oma Anna. Keuntungan yang didapatkan dari penjualan notebook tersebut akan diberikan kepada anak-anak yang memiliki latar belakang ekonomi menengah ke bawah dalam program-program KSK.
Akhir kata, bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dalam kegiatan bersama Komunitas Sahabat Kota, dapat langsung menghubungi Wilma Zulianti, Public Relations Sahabat Kota di nomor 0821 3016 3053 atau dapat mendatangi alamat kantor mereka di Jl. Cisaga no. 6, Bandung.

(Tim Komunitas Sahabat Kota)

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...