[TIPS] Tips Hidup Sehat dan Hemat

Oleh: Melly Amalia

Dalam menjalankan aktivitas rutinnya, seorang aktivis harus selalu dalam kondisi fit dan sehat, baik secara jasmani dan rohani. Apalah artinya bila tubuh kuat, tapi jiwanya rapuh. Begitu pula sebaliknya, jiwa kuat tapi tubuh kita mudah lelah, stres dan tidak semangat. Bagaimana ingin mencapai mimpi bila hidupnya dikelilingi oleh kondisi yang rentan dengan penyakit. Saya percaya  bahwa semua orang ingin mempunyai
hidup yang sehat. Nah, gaya hidup menjadi kunci dalam pencapaian hidup yang sehat. Tidak perlu mahal kok.

Gaya hidup masyarakat saat ini membuka peluang munculnya berbagai macam penyakit, mulai dari ragam jenis makanan sampai pengaruh lingkungan yang tidak sehat. Saya sangat mengerti tubuh saya dan peka mengetahui bila tubuh ini mulai mengalami gejala sakit dengan mengenali tanda-tandanya. Biasanya kalau waktu tidur saya sangat sedikit, pastinya kepala merasa pusing dan ada rasa tidak nyaman beraktivitas. Yang saya lakukan adalah saat itu juga saya perlu memejamkan mata dan beristirahat sejenak. Hal-hal lainnya yang menjadi kebiasaan adalah perbanyak minum air putih dan mengolah masakan sendiri tanpa menggunakan zat aditif seperti MSG. Setidaknya saya mencoba mencegah penyakit-penyakit tersebut hinggap di tubuh saya. Karena kalau saya sakit, maka saya tidak dapat menjalankan aktivitas dan dampaknya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Satu hal lagi yang paling penting menurut saya, kita harus berpikiran positif untuk menghindari penyakit hati. Semua jenis penyakit bersumber dalam pikiran dan hati kita.

Ada banyak cara untuk mencapai hidup sehat yang tidak selalu harus mahal. Hampir semua orang bisa melakukannya, asal punya kemauan yang kuat. Berikut tips murah meriah untuk hidup sehat :

1. Istirahat yang cukup, minimal 6-8 jam. Hal ini akan memberikan ruang untuk tubuh kita beristirahat, memulihkan dan mengembalikan tenaga. Saat bangun, tubuh kita sudah kembali segar dan siap beraktivitas kembali. Tau gak sih? Ternyata kurang istirahat bisa menyebabkan penuaan dini loh!

2. Minum air putih secukupnya, atau tidak berlebihan. Artinya, tidak lebih dari 0,03 liter per kg berat badan kita. Misalnya seseorang berat badannya 5- kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan tidak lebih dari 1,5 liter per hari. Jadi kebutuhan minum air putih tiap orang berbeda, tergantung ukuran tubuh dan kebutuhannya. Umumnya tubuh kita memerlukan 2,7-3,7 liter air yang berasal dari makanan (20%) dan air yang kita minum sekitar 2-3 liter air atau sekitar 8-10 gelas per hari. (Sumber : http://www.tipscaraterbaik.com/ukuran-minum-air-putih-perhari-yang-benar.html)
Tanamkan dalam pikiran kita bahwa ‘air putih adalah minuman sehat dan kesukaan saya’. Hindari minuman yang bersoda dan beralkohol. 

3. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah. Sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin yang tidak bisa tergantikan oleh sebuah vitamin atau suplemen. Perbanyak makan sayur dan buah akan membuat tubuh kita sehat dan kuat .Hindari makanan yang diawetkan, junkfood,cepat saji dan olahan makanan yang mengandung zat aditif seperti MSG. Biasakan memasak sendiri menggunakan bumbu/rempah alami. Selain sehat, juga menghemat pengeluaran.
4. Olahraga teratur minimal 15-20 menit. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur akan terasa dampaknya. Selain tubuh menjadi fit dan segar, olahraga juga mengurangi stres dan menghindari resiko penyakit. Sebentar tidak masalah, asalkan rutin dilakukan. Banyak jenis olahraga yang murah meriah dan tidak memerlukan biaya yang mahal, misalnya jalan kaki, lari santai, bersepeda atau naik turun tangga dengan memanfaatkan taman-taman kota di sekitar kita.

5. Hindari rokok. Banyak orang yang tahu akan bahaya rokok, tapi banyak pula yang mengabaikannya. Selain berbahaya bagi kesehatan, rokok pastinya akan menguras kantong kita. Alangkah baiknya bila anggaran membeli rokok dialihkan ke hal-hal yang lebih bermanfaat, misalnya membuat menu makanan yang sehat di dapur bersama keluarga atau teman.

6. Berpikiran positif. Selalu berpikiran positif terhadap hidup yang kamu jalani. Hindari pikiran negatif yang ada dalam diri kamu, termasuk juga orang-orang negatif yang ada dalam lingkaran kamu. Saatnya untuk berkembang dan bebas dari penyakit. Kalau kita terbiasa berpikiran positif, maka kita akan banyak-banyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.

Ternyata tidak terlalu sulit ya bila kita ingin mendapatkan hidup yang sehat. Semua ada di sekitar kita dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Yang perlu diingat adalah kita menjalani pola hidup yang sehat secara seimbang. Yang sewajarnya saja dan mudah untuk dilakukan. Ayo mulai hidup sehat!

******

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...