EDITORIAL Pro:aktif Online, Edisi Desember 2014

Salam inspiratif dan transformatif!

Di penghujung tahun 2014 ini, Pro:aktif Online hadir dengan mengusung tema “Peran Ibu Masa Kini.”
Istilah ibu kerap diasosiasikan pada peran wanita dalam ranah domestik, yaitu rumah tangga. Ibu, sebagai pengurus rumah tangga, sekaligus berperan sebagai istri suaminya dan melahirkan serta membesarkan anak-anak. Namun, peran ibu terus mengalami perubahan seiring perkembangan jaman. Kini semakin banyak ibu berkarya di luar rumah, sekaligus mengasuh dan membesarkan anak-anaknya. Potret kehidupan ibu masa kini, menjadi pembahasan dalam edisi Desember Pro:aktif Online, terkait dengan peringatan hari Ibu, tanggal 22 Desember 2014.
Kesempatan bagi perempuan Indonesia masa kini untuk mendapatkan hak-hak mereka tidak terlepas dari perjuangan para Srikandi Indonesia pada masa lampau. Keberanian dan kegigihan para pejuang perempuan ini untuk mengangkat harkat perempuan dan memperjuangkan kemerdekaannya membuahkan hasil yang tidak sedikit. Tetapi perjuangan mereka belumlah selesai. Sampai hari ini perjuangan itu masih dilanjutkan oleh para Srikandi Indonesia modern, meskipun dalam bentuk dan situasi yang berbeda. Sosok para tokoh pejuang wanita sebelum dan sesudah kemerdekaan, dan pergerakan-pergerakan mereka akan diulas oleh Melly Amalia dalam rubrik Profil.
Dalam rubrik Pikir, Dominika Oktavira Arumdati akan mengajak kita merenungkan makna modernitas dan dampaknya terhadap keluarga, terutama ibu dan anak. Penulis juga menawarkan beberapa cara untuk menyikapi modernitas dan upaya mengatasi persoalan-persoalan yang muncul dari modernitas tersebut.
Ibu yang memutuskan untuk bekerja di luar rumah sering menghadapi banyak dilema. Banyak tantangan yang akan dihadapi, termasuk dampak-dampak dari keputusannya terhadap dirinya sendiri, pasangan, maupun anak-anaknya. Alasan-alasan para ibu untuk bekerja di luar rumah, serta suka duka yang mereka alami ketika menjalani peran ganda ini  akan dibahas dalam rubrik Opini yang ditulis oleh Theresia Sri Endras Iswarini
Dalam rubrik Masalah Kita, Anastasia Levianti  mengemukakan persoalan dan konflik yang dialami oleh para perempuan aktivis yang memiliki peran ganda, sebagai ibu dan sebagai seorang aktivis.
Kisah di balik pembuatan film “Temani Aku Bunda,” diceritakan oleh Dhitta Puti Sarasvati dalam rubrik Media. Kisah ini adalah tentang perjuangan seorang ibu dalam membela hak anaknya yang menghadapi persoalan ketika ingin menyatakan kebenaran.
Dalam rubrik Media juga, C. Any Sulistyowati dari Kuncup Padang Ilalang memaparkan manfaat internet bagi para ibu modern. Di artikel ini juga diberikan banyak situs pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh para ibu untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mereka, tanpa perlu meninggalkan buah hati mereka.
Artikel-artikel lain yang melengkapi Pro:aktif Online kali ini adalah Tips Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga yang ditulis oleh Agustein Okamita dan Liputan hasil kunjungan Bernadeta Ratna Kristanti ke Pengrajin Kreasi Perca dampingan Dwaya Manikam.
Kami berharap semua artikel yang disajikan dalam Pro:aktif Online edisi ini dapat menginspirasi dan memperluas wawasan kita tentang peran para ibu di era modernitas ini, sekaligus memperkuat kapasitas para ibu dalam menjalankan peran-perannya.
Selamat membaca!



No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...