[JALAN-JALAN] 5 TEMPAT INI BISA JADI PILIHAN ANDA UNTUK MENGENAL DIRI LEBIH DALAM LAGI!

Oleh: Debby Josephine


“The better you know yourself, the better your relationship with the rest of the world.” 

-Toni Collette-

Kemampuan mengenal diri secara utuh diketahui memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri yang mana akan bermanfaat juga bagi sekitar. Kemampuan mengenal diri secara utuh artinya Anda mampu melihat diri sebagai entitas yang dipengaruhi oleh ilahi yang berada dalam jiwa Anda dan bentuk fisik yang Anda miliki saat ini, kemudian secara sadar menerimanya. Dengan kemampuan ini maka Anda dapat menentukan jalan hidup Anda sekaligus berkompromi dengan kelebihan dan kekurangan diri. Apalagi, jika Anda adalah pelaku perubahan yang secara aktif dan tekun menjalani visi misi untuk dunia yang lebih baik, maka terlebih dahulu masuk dan kenalilah diri Anda lebih dalam lagi.

Kemampuan mengenal diri secara utuh dapat diasah melalui berbagai cara, Anda dapat mencoba dan memilih cara yang seperti apa yang cocok untuk Anda. Salah satu cara yang dapat membantu Anda mengenal diri secara utuh adalah melakukan interaksi dengan diri sendiri dan merefleksikan perjalanan hidup Anda. Sesi interaksi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara di berbagai tempat, yang terpenting adalah Anda melakukannya sendirian – bukan berarti Anda mengusir orang di sekitar Anda – tetapi dengan melihat sekitar Anda, masuklah ke dalam diri dan gali lebih dalam tentang diri Anda. Berikut adalah 5 tempat dan jenis kegiatan yang bisa jadi pilihan untuk berinteraksi dengan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda:

1. Rumah/Kamar Pribadi
Begitu padatnya kegiatan yang Anda lakukan baik itu rutinitas sehari-hari maupun perjuangan-perjuangan yang Anda lakukan menyebabkan sedikitnya waktu yang Anda luangkan untuk memperhatikan tempat Anda tinggal, baik itu di rumah ataupun kamar pribadi Anda. Padahal ruang pribadi ini dapat membantu merefleksikan diri Anda dan mengisi ulang energi Anda yang tersita setelah berkegiatan seharian.

Luangkanlah waktu khusus untuk mengenali setiap sudut tempat tinggal Anda. Carilah tempat yang paling nyaman dan diamlah di sana untuk beberapa saat. Sapalah dan hargai tempat itu sebagai tempat yang memberikan Anda perlindungan dan kenyamanan. Perhatikan tempat tersebut, bagaimana teksturnya, warnanya, dan apa saja yang mata Anda tangkap di sudut tersebut? Kemudian, berinteraksilah dengan tempat tersebut. Anda dapat duduk, bersujud, merebahkan diri, sampai berguling-guling dan rasakan betapa sudut yang Anda tempati saat ini hadir untuk Anda. Jika sudah, tanyakan kembali pada diri Anda, apa yang dimiliki tempat tersebut sehingga membuat Anda nyaman? Mengapa tempat tersebut nyaman?

Interaksi seperti ini akan membantu mengenali kebutuhan Anda dan mendorong Anda untuk menjadikan sudut-sudut lain di rumah ataupun kamar pribadi Anda hadir dengan kenyamanan yang sama. Tentu ketika melakukan interaksi dengan tempat tinggal Anda pada kenyataannya ada saja yang mengganggu pandangan seperti benda-benda yang berserakan hasil eksperimen anak Anda (jika Anda sudah berkeluarga) ataupun eksperimen Anda sendiri. Ada sebuah metode yang ditawarkan oleh Marie Kondo, perempuan berkewarganegaraan Jepang untuk merapikan tempat Anda lebih efektif dan bertahan lama, metode ini dinamakan The KonMari Method.

Marie Kondo menceritakan hubungan merapikan tempat Anda tinggal dengan perubahan baik yang terjadi secara misterius pada diri Anda. “Tidying up means confronting yourself” begitu tertulis pada bukunya The Life-Changing Magic of Tidying Up. Penasaran dengan The KonMari Method? Silahkan kunjungi www.konmari.com atau lihat pada www.youtube.com dengan kata kunci pencarian: How to Clean Your Room Kon Mari Method yang diunggah oleh akun Kristsoup. Semoga kegiatan mengenali dan merapikan tempat Anda tinggal dapat membantu mengenali diri Anda.

2. Menikmati secangkir “Kopi Alas”
Barista sedang menyiapkan kopi untuk pelanggan
Secangkir kopi mungkin bukan lagi hal yang asing bagi Anda. Ada yang begitu serius dalam menikmati secangkir kopi, ada juga yang menjadikan kegiatan meminum kopi – apapun rasanya – sebagai hal yang rutin dilakukan bahkan menjadi syarat sebelum melakukan sesuatu. Beberapa dari Anda mungkin terbiasa membuat kopi sendiri, tapi tidak ada salahnya mengunjungi kedai kopi untuk merasakan pengalaman yang berbeda di Kopi Alas.

Berada di dataran tinggi Cimenyan, Kopi Alas hadir menawarkan secangkir kopi panas di tempat yang sejuk dan terbuka. Di sini Anda dapat menikmati manual brewing coffee apapun metodenya seharga Rp 15.000. Tapi, Kopi Alas juga menyediakan minuman lain selain kopi dengan harga antara Rp 10.000 – Rp 20.000. Harga ini boleh dibilang lebih murah dibanding tempat kopi lainnya di Kota Bandung. Apalagi, dengan pelayanan yang ramah dari pemilik kedai yang juga sekaligus barista dan tempat yang mendukung Anda untuk memiliki ruang sendiri karena jarak antar meja yang ideal. Ketika ditanyakan kepada Kang Reza pemilik Kopi Alas tentang harga yang murah, ia menjawab “Harga itu sudah cukup bagi kami”

Kopi Alas sebetulnya menempati salah satu bagian dari vila yang berdiri disana. Beruntungnya pemilik vila, pengelola vila, dan Kopi Alas memiliki kesadaran tentang hidup keberlanjutan dan ingin menghadirkan prinsip-prinsip yang tidak semua pemilik vila berani menjalankannya. Mereka juga mengakui butuh banyak belajar banyak tentang hidup yang berkelanjutan dan melihat contoh-contoh pengelolaan berkelanjutan di tempat lainnya. Jika Anda berkunjung ke Kopi Alas, Anda diperbolehkan untuk menjelajah bagian lain di vila tersebut, tapi terlebih dahulu ijin agar pemilik kedai kopi dapat mengontrol siapa saja yang menjelajah.

“Pengantaran kopi hanya sampai sini”, ungkap Kang Jaenal, salah satu barista yang mengajak berkeliling.

Jika Anda telah mendapat ijin dari pengelola Kopi Alas, maka Anda dapat menjelajahi area sekitar vila sampai bagian paling atas yaitu lapangan untuk berkemah dan memandang Kota Bandung dari ketinggian dengan suasana yang sejuk dan tenang.

Kopi Alas terletak di Jl. Pasir Impun Atas no. 5, buka dari pukul 10.00 s/d 22.00. Semoga perpaduan alam dan kopi dapat membantu merefleksikan perjalanan hidup Anda.

3. Pusat Rehabilitasi : Pusat Rehabilitasi Primata Jawa, Ciwidey Bandung.
Mengunjungi sebuah pusat rehabilitasi akan memberikan pemandangan tak biasa kepada Anda dan membantu proses pengenalan diri Anda secara utuh. Pusat rehabilitasi memang banyak macamnya, salah satu yang akan dibahas pada artikel ini adalah Pusat Rehabilitasi Primata Jawa yang berlokasi di Ciwidey, Bandung. Di tempat ini, para aktivis merawat primata-primata yang terluka ataupun jinak hingga para primata ini sembuh dan siap untuk dilepasliarkan. Sehingga berbeda dari kebun binatang yang justru menjinakkan hewan liar, usaha para aktivis ini meliarkan kembali primata-primata yang telah diselamatkan.


Ketika Anda lewat dan Owa memunggungi Anda, maka itu salah satu ciri Owa tersebut sudah liar dan naluri alamiahnya sudah kembali.

Memang untuk masuk ke area ini tidak bisa sembarangan orang. Untuk itu, inilah saatnya Anda menggunakan modal sosial yang telah Anda miliki selama ini, pertemanan sesama aktivis perlu dijalin erat agar sesama aktivis dapat saling memahami dan membantu. Jika memang Anda tidak memiliki akses kepada lokasi Pusat Rehabilitasi Primata Jawa, maka Anda dapat berkunjung ke Pusat Rehabilitasi lainnya karena memang banyak sekali macamnya, yang terpenting adalah dengan berkunjung kepada tempat penyembuhan tersebut Anda dapat mengenali dan merefleksikan diri serta meneguhkan kembali keberpihakan perjuangan Anda.

4. Berendam di Pemandian Air Panas : Kawah Rengganis
“Sepertinya berendam air panas enak, nih”
Pernahkah Anda menggumam seperti di atas? Jika ya, maka berkunjung ke Kawah Rengganis bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda. Berbeda dengan pemandian air panas lainnya yang menyediakan kolam renang air panas sebagai tempat berendam, Kawah Rengganis masih terbilang asri dan menghadirkan alam sepenuhnya di sekeliling Anda.


Lokasi Kawah Rengganis cukup luas dan tidak semua pengunjung mengeksplor setiap sudutnya, dan ini merupakan keuntungan bagi Anda untuk mengasingkan diri sambil menikmati pemandangan sekitar sambil berdialog dengan alam dan diri Anda sendiri.

Kawah Rengganis berada di Kecamatan Rancabali dan masuk ke komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), Jawa Barat Indonesia. Untuk masuk ke area pemandian air panas Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Mengistirahatkan sendi-sendi yang kaku dan pikiran-pikiran yang bercabang dengan berendam di air panas merupakah hadiah yang perlu Anda berikan pada pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Dengan kondisi diri yang segar setelah berendam, Anda dapat melanjutkan perjuangan-perjuangan yang sedang dilakukan dengan energi yang “bersih” dan lebih banyak dari sebelumnya.

5. Berkeliling di Pasar Tradisional : Pasar Ciroyom
Pergi ke pasar tradisional bisa jadi pilihan yang menginspirasi Anda untuk mengenal diri sendiri melalui berbagai aktivitas yang terjadi di sana. Aktivitas yang terjadi di pasar tradisional sedikit banyak memiliki perbedaan dengan aktivitas sehari-hari yang Anda temui. Pada pasar tradisional, Anda dapat melihat orang-orang bekerja dengan energi yang luar biasa. Para pedagang menyiapkan dagangannya dengan sungguh-sungguh, baik dengan mengeliminasi bahan pangan yang tak layak jual ataupun memotong daging menjadi beberapa bagian. Beda jenis dagangan berbeda juga persiapan yang mereka lakukan. Ditambah lagi jika Anda beruntung, Anda dapat melihat kelompok petani yang mengantarkan hasil panen mereka. Anda juga dapat melihat petugas angkut-angkut barang dan interaksi mereka dengan pedagang atau pembeli lainnya. Kegiatan yang terjadi ini menciptakan atmosfer kerja yang hangat dan menginspirasi.

Salah satu pasar tradisonal yang dapat menjadi pilihan untuk Anda kunjungi adalah Pasar Ciroyom. Pasar Ciroyom adalah salah satu pasar terbesar dan terlengkap yang menjadi salah satu sumberpangan segar bagi warga Kota Bandung. Pasar ini mulai aktif di malam hari, sehingga dengan berkunjung ke tempat ini Anda dapat melihat wajah lain Kota Bandung pada malam hari.


Bagi Anda yang sering berbelanja ke Pasar Ciroyom mungkin mengunjungi tempat ini adalah hal yang biasa, tetapi dengan tujuan berbeda maka Anda dapat merasakan dan menangkap hal yang berbeda pula. Sedangkan, bagi Anda yang belum pernah mengunjungi pasar tradisional di malam hari maka Pasar Ciroyom bisa menjadi salah satu destinasi Anda.

Dengan mengamati aktivitas di pasar, kiranya menginspirasi Anda untuk mengadaptasi atmosfer perjuangan yang sama, menyegarkan kembali pikiran dan perasaan yang selama ini membelenggu dan membantu Anda untuk mengenal diri lebih dalam lagi.

Itulah 5 tempat yang bisa jadi pilihan Anda untuk mengenal diri lebih dalam lagi. Apakah Anda tertarik untuk melakukan salah satu kegiatan di atas? Atau Anda malah terinspirasi tempat dan kegiatan lain yang lebih membantu Anda mengenal diri Anda secara utuh? Jika ya, mari berbagi cerita kepada kami dan yang lainnya. Selamat menemukan diri Anda.

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...