[MEDIA] MEMAHAMI DIRI MELALUI DUNIA MAYA

Oleh: Any Sulistyowati

Di zaman modern ini, berbagai jenis informasi dapat dengan mudah kita peroleh melalui dunia maya. Salah satu cara termudah dan murah antara lain dengan mengakses layanan-layanan gratisan di internet. Di internet, tersedia berbagai informasi sesuai kebutuhan kita. Informasi tersebut dikemas dalam berbagai bentuk seperti teks tertulis/dokumen, video, suara, maupun kartun/ilustrasi. Metodenya pun beragam, mulai dari pengisian kuesioner, mendengarkan ceramah narasumber, membaca artikel, mengikuti petunjuk yang ada dalam video, dan lain-lain. Tidak terkecuali berbagai informasi / metode untuk memahami diri. Memahami diri adalah salah satu proses yang sangat penting bagi seorang manusia. Lewat proses pemahaman diri, seseorang dapat mengidentifikasi kekuatan-kekuatan dirinya, talenta-talenta yang dimilikinya serta menggunakannya secara bijaksana untuk mencapai impian-impiannya. Salah satu bagian penting dari proses pemahaman diri adalah penerimaan diri.

Melalui proses penerimaan diri, kita akan terbantu untuk memiliki konsep diri yang lebih positif. Proses ini memungkinkan kita untuk memilih bidang ilmu yang sesuai, karir yang tepat, kegiatan-kegiatan yang bermakna, serta pasangan hidup yang cocok. Singkatnya, dengan pemahaman diri yang tepat, kita bisa lebih baik dalam menyusun strategi menjalani kehidupan. Salah satu cara untuk memahami diri adalah dengan mengenal tipe-tipe kepribadian. Ada cukup banyak konsep tipe-tipe kepribadian yang dikenal saat ini. Dengan mengenali tipe-tipe kepribadian, seseorang dapat lebih baik memetakan pola-pola yang ada di dalam hidupnya dan membuat langkah-langkah antisipatif untuk menjalani kehidupan. Ia dapat mengenali hal-hal positif yang dimiliki serta mengasahnya sehingga berkembang ke arah yang makin mendewasakan dirinya. Ia juga dapat mengenali hal-hal yang mungkin dianggap negatif atau kelemahan tipe tersebut serta berlatih untuk menggunakan hal-hal negatif tersebut untuk hal-hal yang sangat positif di dalam kehidupannya.
Berikut ini adalah beberapa tipe-tipe kepribadian yang dapat digunakan untuk membantu proses pemahaman diri dan contoh-contoh situs di internet yang dapat ditelusuri untuk mendalami pemahaman kita.

Personality Plus

Personality Plus dikembangkan oleh Florence Littauer. Ia membagi kepribadian manusia ke dalam empat kategori, yaitu: Koleris, Sanguinis, Melankolis dan Plegmatis. Di dalam pengelompokan ini, tidak ada tipe tertentu yang lebih baik dari tipe lainnya. Untuk setiap tipe kepribadian terdapat kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan masing-masing. Misalnya, tipe koleris memiliki kecenderungan sebagai pemimpin dan mengontrol yang lain tetapi mungkin kurang sabaran; tipe sanguin biasanya terlihat antusias, aktif, mudah bersosialisasi tetapi mungkin pertimbangan kurang mendalam; tipe melankolis biasanya lebih tenang, pemikir dan mengejar kesempurnaan tetapi mungkin terlihat lambat; sementara tipe plegmatis biasanya cenderung rileks dan damai tetapi mungkin terlihat kurang aktif dan energik.

Seseorang dapat mengecek tipe kepribadiannya dalam Personality Plus dengan cara mengunjungi situs yang memberikan layanan kuis untuk memeriksa tipe kepribadian, misalnya : http://www.gotoquiz.com/personality_plus_1. Tes tersebut dapat diikuti dengan gratis. Dalam tes tersebut kita perlu menjawab sejumlah pertanyaan dengan empat pilihan mengenai apa yang paling menjadi kekuatan dan kelemahan kita. Setelah kita menjawab seluruh pertanyaan dan menyelesaikan tes, maka kita dapat mengetahui tipe kepribadian kita. Jika kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tipe-tipe tersebut, kita dapat melanjutkan penelusuran informasi lebih jauh antara lain melalui situs-situs sebagai berikut: https://en.wikipedia.org/wiki/Four_temperaments; dan https://en.wikipedia.org/wiki/Florence_Littauer.

Selain itu, kita juga bisa melakukan penelusuran sendiri untuk mendapatkan berbagai materi-materi terkait dalam bentuk artikel dan video melalui situs pencarian GOOGLE (www.google.com) dan YOUTUBE (www.youtube.com) dengan memasukkan kata kunci misalnya personality plus atau four personality types.

Eneagram 
Eneagram adalah salah satu konsep kepribadian manusia yang cukup banyak digunakan. Eneagram berasal dari Bahasa Yunani, yaitu enea yang berarti “sembilan”. Di dalam eneagram dikenal sembilan tipe kepribadian manusia. (https://en.wikipedia.org/wiki/Enneagram_of_Personality). 

Sembilan tipe eneagram
Di dalam eneagram, terdapat sembilan tipe kepribadian. Semua tipe diberi nomor antara 1 sampai 9, yaitu (1) Perfeksionis, (2) Penolong, (3) Pengejar Prestasi, (4) Seniman, (5) Pemikir, (6) Loyalis, (7) Petualang, (8) Pemimpin, dan (9) Pendamai. Penomoran ini berlaku sama di seluruh dunia.

Setiap orang memiliki satu tipe kepribadian, yang disebut dengan tipe pokok . Kesembilan tipe eneagram ini saling terkait satu sama lain dalam hubungan integrasi -disintegrasi serta sayap . Dengan memahami “tipe pokok”, “integrasi”, “disintegrasi” serta “sayap” eneagram, kita dapat memahami peta pergerakan situasi mental kita dan menyusun strategi kehidupan dan langkah-langkah antisipatif mengenainya.

Beberapa orang bisa jadi memiliki tipe kepribadian pokok yang sama di dalam eneagram, tetapi perilakunya sangat berbeda satu sama lain. Hal ini tergantung dari tingkatan kesehatan mental mereka di dalam kategori eneagram. Mereka yang sehat akan tampak persis seperti dideskripsikan dalam kekuatan-kekuatan tipe pokoknya. Mereka yang tidak sehat mungkin cenderung tampak seperti deskripsi dalam tipe disintegrasinya. Sementara mereka yang sangat sehat, mungkin tampak seperti deskripsi pada tipe integrasinya. Tipe kepribadian seorang anak bisa jadi tidak sama dengan tipe kepribadian yang dimiliki oleh salah satu atau kedua orang tuanya. Untuk mengetahui tipe eneagram kita, kita dapat mengikuti tes yang ditawarkan secara gratis oleh situs seperti https://www.eclecticenergies.com/enneagram/test.php. Setelah mengetahui tipe kita, situs tersebut juga menawarkan teknik-teknik pengolahan energi terkait masing-masing eneagram. Contohnya dapat dilihat di link berikut: https://www.eclecticenergies.com/enneagram/energyhealing1.php.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai tipe eneagram, Anda dapat menjelajahi https://www.enneagraminstitute.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai setiap tipe dan berbagai informasi terkait eneagram lainnya. Anda juga dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti milis (mailing list) mereka dan menerima email berisi kata-kata mutiara sesuai tipe eneagram Anda setiap hari (daily enneawisdom). Anda juga dapat mencari informasi mengenai buku-buku apa saja yang dapat Anda baca untuk mengetahui lebih lanjut mengenai eneagram.

Buku-buku yang direkomendasikan oleh Enneagram Institute


MBTI

MBTI (https://en.wikipedia.org/wiki/Myers%E2%80%93Briggs_Type_Indicator) dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs and Isabel Briggs Myers berdasarkan teori yang terdapat di dalam buku Carl Jung berjudul Psychological Types. Tujuan mereka adalah membuat agar teori psikologi yang dideskripsikan oleh Jung dapat dipahami dan bermanfaat dalam praktek kehidupan manusia. Untuk memahami MBTI, kita dapat mengunjungi situs The Myers and Briggs Foundation di http://www.myersbriggs.org/. Di dalam situs tersebut kita dapat memperoleh informasi mengenai apa itu MBTI, sejarahnya, penjelasan mengenai setiap tipe, bagaimana cara mengetahui tipe kita dan penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Selain memberikan informasi kepada publik, organisasi ini juga menerapkan etika dalam penggunaannya. Etika ini memastikan bahwa setiap pengguna dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat mengenai tipe mereka. Dengan informasi yang tepat dan akurat, seseorang dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan potensi terbaik masing-masing.

http://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/


Selain melalui situs organisasi the Myers & Briggs Foundation, kita juga dapat memeriksa tipe MBTI kita secara gratis melalui situs https://www.16personalities.com/free-personality-test.

Penutup

Mempelajari tipe-tipe kepribadian sangat berguna sebagai media untuk lebih mengenal diri kita. Dengan mengenal diri, kita bisa menyusun strategi dalam kehidupan kita. Kita dapat mengidentifikasi ruang-ruang dan peluang-peluang untuk tumbuh, berkembang dan mencapai keseimbangan. Tipe kepribadian tersebut akan tetap seumur hidup kita, tetapi dengan pemahaman yang lebih baik, kita dapat bertindak secara berbeda. Kita dapat secara sadar memilih respons yang lebih baik dan tidak justru terpenjara di dalam tipe-tipe kepribadian tersebut.

***

_________________________
[1] Tipe pokok eneagram adalah tipe yang ditentukan berdasarkan motivasi kunci seseorang dalam melakukan tindakan. Beberapa orang dengan tipe yang berbeda bisa jadi dapat mengambil tindakan yang sama tetapi dengan motivasi yang berbeda. Sebaliknya beberapa orang dengan tipe yang sama mungkin mengambil tindakan yang sama sekali berbeda, tetapi dengan motivasi yang sama.
[2] Integrasi adalah kondisi dimana tingkat kesehatan mental tipe pokok sangat tinggi sehingga berasosiasi pada hal-hal positif atau kekuatan-kekuatan tipe integrasinya. Setiap tipe pokok eneagram memiliki pasangan tipe integrasi masing-masing.
[3] Disintegrasi adalah kondisi dimana tingkat kesehatan metal tipe pokok sangat rendah sehingga berasosiasi pada hal-hal negatif atau kekurangan-kekurangan tipe disintegrasinya. Setiap tipe pokok eneagram memiliki pasangan tipe disintegrasi masing-masing.
[4] Sayap adalah adalah tipe dengan nomor sebelum atau setelah tipe pokok.

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...