Editorial Edisi 8

EDITORIAL
Uang bisa bikin orang senang tiada kepalang
Uang bikin mabuk kepayang…
Uang… lagi-lagi uang ….
KAIL sekarang dimotori para aktivis muda yang berada pada tahun-tahun awal menapaki kehidupan ‘nyata’. Segala idealisme yang berkembang semasa mahasiswa, kini menghadapi tantangan. Menjadi pertanyaan besar bagi kami, tetap konsisten atau mengikuti arus dunia ? Salah satu titik perenungan penting yang kemudian berkembang adalah, seperti tercermin dalam kutipan lagu Nicky Astria di atas : mengapa uang menjadi begitu penting ? Alasan keharusan mencari cukup banyak uang, telah membuat cukup banyak aktivis melepaskan sebagian atau seluruh idealisme.
Melihat begitu penting persoalan ini, kami memunculkan PROAKTIF kali ini dengan tema Aktivis dan Pengelolaan Anggaran Pribadi, dengan modal nekat. Benar-benar modal nekat, karena di dalam tim KAIL saat ini belum ada yang memiliki latar belakang teoritis yang cukup untuk mengkaji persoalan ini. Dan, ternyata memang sulit mencari orang yang tertarik mendalami isu ini. Segala yang tertulis di dalam edisi kali ini, dipelajari dengan melakukan riset sendiri dari awal.

Karena itulah, semua tulisan dalam edisi kali ini perlu dianggap sebagai bagian dari proses eksperimen pemahaman atau sebuah prototype. Bukanlah sesuatu yang sudah benar, valid atau solid. Harapannya adalah membuka pintu wacana dan mendorong kepedulian kita semua terhadap isu strategis namun tidak seksi ini. Kami mengundang keterlibatan anda semua, untuk memperbaiki konsep dan kerangka tulisan, yang selanjutnya akan diproses menjadi handout kail.
Dalam edisi ini kami menampilkan seri tulisan yang disebar dalam tiga rubrik. Rubrik Pikir mengetengahkan Dari Alat Tukar menjadi Alat Kekuasaan, bagaimana uang bertransformasi dari alat tukar menjadi jantung kekuasaan. Sedangkan, rubrik Opini menampilkan perenungan tentang Absurdnya Ekonomi Uang. Proses mengembangkan tulisan-tulisan ini telah menjadi proses belajar yang sangat berharga dengan hasil yang mengejutkan bagi penulisnya sendiri. Betapa lama kita tidak sadar bahwa uang, yang sudah kita terima sebagai kenyataan alami hidup kita, justru menjadi tangan-tangan kalangan elit ekonomi untuk menguasai hidup kita. Dan, muncul ‘spekulasi’ tentang betapa dahsyatnya perubahan dunia akan terjadi oleh suatu gerakan yang ‘hanya’ berfokus pada merubah sikap pada uang. Tak lupa diketengahkan sejumlah titik terang untuk Keluar dari Jebakan uang. Semua sederhana dan dalam jangkauan anda pribadi, modalnya ‘hanya’ optimisme dan keberanian menghadapi arus dunia.
Dalam buklet tahunan yang dikirimkan yayasan Bina Sarana Bakti, diungkapkan arti kata inflasi. Inflasi berasal dari kata latin yaitu inflare, yang berarti penggelembungan. Inilah yang sedang kita hadapi tetapi jarang disadari. Pertumbuhan ekonomi sekarang adalah semu, layaknya balon yang menggelembung dan kemudian pecah menjadi kesia-siaan….
Pada rubrik Masalah Kita mengangkat Penghargaan Untuk Pekerja Lembaga Nirlaba (Aktivis), ini adalah curhatan seorang aktivis yang bekerja di salah satu lembaga nirlaba dengan segala lika likunya termasuk idealisme, kesejahteraan dan penghargaan yang layak diterima oleh seorang aktivis. Di rubrik Media menampilkan ulasan bulletin BUJET, bulletin anggaran publik di Jawa Barat lengkap dengan data, fakta dan uraiannya. Di rubrik Profil menampilkan Aviva Nababan, aktivis yang telah malang melintang di isu HAM bercerita tentang sepak terjangnya menjadi seorang aktivis, berapa penghasilan yang didapat serta alokasi penyalurannya. Juga ada Waty, salah seorang CL UPC yang terpaksa harus merasakan beratnya kehidupan kota Jakarta dan berani memperjuangkan hak-hak rakyat miskin. Tidak ketinggalan rubrik Jalan-jalan ke Balai Warga Marlina di Kampung Muara, Penjaringan, berbagi TIPS Mengatur Keuangan Aktivis serta cerita menarik seputar kegiatan KAIL dalam Bagi-bagi Cerita, diantaranya Pelatihan Hambatan Belajar kerjasama Criminon, Pelatihan Pembuatan Peta Masalah dan Perencanaan Kegiatan UPC serta Pelatihan Peta Masalah yang diikuti oleh Associate KAIL.
Juga jangan ketinggalan info Associate dan agenda KAIL beberapa bulan ke depan.
Selamat menikmati!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...