Editorial April 2014

Salam inspiratif dan transformatif!

Proaktif Online hadir kembali di tengah-tengah Anda!
Bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April, maka tema yang kami usung kali ini adalah “Kesehatan dan Gaya Hidup”.

Kami percaya, bahwa kesehatan tidak melulu yang terlihat secara lahiriah, tetapi juga meliputi kesehatan batin dan pikiran. Kesehatan seseorang juga perlu didukung oleh gaya hidup yang sehat serta lingkungan yang kondusif bagi terciptanya perilaku hidup sehat masyarakatnya.
Dalam edisi kali ini, pembaca akan melihat bagaimana trend gaya hidup masyarakat Indonesia jaman sekarang telah membawa masyarakat pada status kesehatan tertentu. hal ini juga tidak lepas dari posisi ekonomi, politik, sosial dan budaya bangsa Indonesia sekarang. Pembahasan mengenai keterkaitan antara aspek-aspek yang dimaksud di atas dengan gaya hidup dan kesehatan bangsa Indonesia dapat Anda temukan di rubrik Pikir, sebuah artikel yang ditulis berdasarkan wawancara dengan Yanuar Nugroho, Staff Ahli Kepala UKP4 di Jakarta.

Akses menuju pelayanan kesehatan yang memadai juga ada jaminannya. Di rubrik Opini, David Ardes Setiady akan mengajak pembaca untuk mengenal berbagai fasilitas jaminan kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan.Pemaparan mengenai asuransi dilengkapi pula dengan kelemahan dan kelebihan dari sebuah asuransi kesehatan.

Bagaimana aktivis memandang masalah kesehatan serta bagaimana mereka memecahkan masalah kesehatan, dikupas di dalam rubrik Masalah Kita, oleh Any Sulistyowati.Artikel ini ditulis berdasar hasil penyebaran kuesioner ke beberapa jaringan yang dimiliki oleh Proaktif Online.

Teladan hidup sehat dapat kita baca pada Rubrik Profil, yang ditulis oleh Navita Astuti berdasarkan kajian media. Rubrik ini memunculkan sosok dengan visi besar yaitu mewujudkan Kota Bandung yang sehat, bersih dan berkelanjutan. Beliau adalah Walikota Bandung periode 2013-2018, Ridwan Kamil. Di rubrik ini, pembaca akan melihat betapa kuat kepedulian beliau pada pembangunan sebuah kota yang sehat dan berkelanjutan, dan bagaimana prinsip gaya hidup sehat menyatu dalam tindakan beliau sehari-hari sampai pada program kerja yang dicanangkannya untuk Kota Bandung.
Masih dengan liputan tentang Kota Bandung. Di Rubrik Jalan-Jalan, Selly Agustina mengajak pembaca berjalan-jalan ke taman-taman kota di Kota Bandung. Pembaca dapat melihat, keberadaan taman-taman kota di Bandung telah turut memberi kontribusi bagi perwujudan Kota Bandung yang sehat serta perilaku hidup sehat warga Bandung.

Berbicara tentang gaya hidup sehat, tak lepas dari apa yang dikonsumsi manusia dalam hidup sehari-hari. Rubrik Media mengajak pembaca untuk waspada terhadap zat-zat yang terkandung di dalam makanan yang Anda konsumsi. Rubrik ini berisi resensi Kamus Zat Aditif yang diterbitkan oleh Yayasan Pengembangan Bioteknologi dan Biosains (YPBB). Dalam ulasan ini, pembaca akan diajak untuk melihat aneka zat yang terdapat di dalam makanan maupun minuman di sekitar kita, yang dalam kadar tertentu sangat berbahaya bagi tubuh.

Nah, untuk memulai kebiasaan maupun perilaku sehat, tidak susah kok. Juga, tidak mahal! Bagaimana caranya? Rubrik Tips yang ditulis oleh Melly Amalia akan mengulas tentang tips-tips menjadi sehat tanpa harus mengeluarkan rupiah berlembar-lembar.

Semoga dengan edisi ini, para pembaca menjadi lebih paham betapa pentingnya menjalankan pola hidup sehat bagi hidup masing-masing dan korelasinya terhadap lingkungan, masyarakat dan generasi mendatang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan hidup sehat. Mari kita mulai, dari sekarang!

Selamat menggali inspirasi!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...