[MASALAH KITA] Mengulas Berbagai Masalah Kesehatan Zaman Sekarang


Masalah Kesehatan Zaman Sekarang
Pelatihan Yoga. Foto: dokumentasi KAIL
Kompleksitas persoalan masa kini menyebabkan orang menghadapi banyak masalah kesehatan, baik jasmani dan rohani. Kelangkaan sumber daya, persaingan, obsesi terhadap kesuksesan menyebabkan tekanan hidup yang mendorong timbulnya stress. Stress  yang berkepanjangan akan menyebabkan beban pikiran yang berkepanjangan yang mempengaruhi tubuh kita.
Banyak penyakit masa kini yang muncul akibat beban pikiran. 

Kondisi saat ini juga mendorong munculnya gaya hidup yang tidak sehat, antara lain melalui pola makan yang kurang bergizi, dan kurang berolahraga. Pada masyarakat miskin, mereka mengonsumsi makanan yang kurang bergizi karena tidak mampu membeli bahan makanan yang lebih sehat dan seimbang. Pada golongan ini, menu harian mereka didominasi oleh karbohidrat dan sedikit sayur serta protein nabati, mungkin sedikit protein hewani dan sangat sedikit buah. Untuk mendapatkan rasa enak dan tampilan yang bagus, seringkali mereka mengonsumsi bahan perasa dan pewarna buatan murah meriah yang justru mengurangi kualitas makanan dibandingkan pada kondisi alaminya. Pada kalangan yang lebih kaya, meskipun secara finansial mereka lebih mampu untuk membeli makanan yang lebih bergizi, terkadang pilihan mereka pun tidak bisa dianggap lebih sehat. Secara umum, pada masyarakat masa kini, semakin kaya secara finansial maka semakin banyak dan beragam menu protein hewani yang dikonsumsi dalam diet harian mereka. Diet yang terlalu banyak protein hewani dalam jangka panjang akan menimbulkan berbagai penyakit degeneratif, seperti berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah, yang biaya pengobatannya dapat menguras kantong.
Makanan Sehat. Foto: dokumentasi KAIL
Kondisi lain yang mendorong turunnya kualitas kesehatan kita adalah kurang olahraga. Bagi sebagian besar orang hambatannya adalah keterbatasan waktu dan ketersediaan fasilitas untuk olahraga. Bagaimana para aktivis menyikapi persoalan ini? Dalam Proaktif kali ini, KAIL melakukan survei pada beberapa aktivis untuk mendapatkan tanggapan mereka mengenai isu kesehatan dan gaya hidup. Berikut ini adalah liputannya.

Pentingnya Kesehatan dalam Hidup Kita
Semua aktivis yang mengembalikan survei menganggap kesehatan merupakan hal yang penting/sangat penting atau paling penting dalam hidup. Tubuh yang sehat memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal yang penting dalam hidup kita. Tanpa kesehatan, banyak hambatan ataupun keterbatasan yang akan dialami dan bahkan, sampai tidak dapat kita lakukan sama sekali.  Pendapat senada diungkapkan oleh Asep Suhendar, seorang aktivis pendidikan anak dan remaja dari Rumah Pelangi dan Komunitas Sahabat Kota, yang menyatakan bahwa sehebat apapun kita, tanpa kesehatan, kita akan terhambat. Jika kesehatan kita menurun, produktivitas kita pun akan menurun. Meskipun bukan segala-galanya dalam hidup ini, kesehatan merupakan aset yang sangat berharga bagi kita untuk mewujudkan impian kita.

Melanie, salah satu responden menambahkan argumentasi sebagai berikut. Tingginya biaya kesehatan menambahkan daftar alasan mengapa sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Begitu kita sakit, akan ada banyak biaya yang perlu dikeluarkan. Menurutnya, akan jauh lebih mudah dan murah untuk menjaga kesehatan, dibandingkan mengobati setelah jatuh sakit.

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami
Mia, salah seorang responden, menyatakan bahwa kita sering lalai dalam menjaga kesehatan kita dengan cara : melewati jam makan, jarang olah raga, begadang. Bila hal-hal tersebut dilakukan secara terus menerus dan menjadi kebiasaan, maka akan memberikan beban tersendiri bagi tubuh kita. Kita akan kurang istirahat, kekurangan asupan gizi yang berujung pada berkurangnya kemampuan tubuh kita untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang menopang kehidupan kita.

Hal-hal lain yang banyak mempengaruhi kesehatan kita adalah stress. Seperti dituliskan oleh Selly Agustina, mahasiswa S2 Universitas Pajajaran dan relawan di beberapa organisasi sosial dan lingkungan di Bandung, keterbatasan waktu untuk mewujudkan semua yang diinginkan telah mendorong praktek lupa makan, lupa tidur yang menjadi beban bagi tubuh kita. Hal ini telah mendorong pula munculnya beban pikiran penyebab stress,yang secara tidak langsung juga ikut mempengaruhi kondisi tubuh kita.
Masalah-masalah kesehatan lain yang dihadapi adalah alergi. Alergi pada sesuatu membatasi kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang terkait dengan alergi tersebut. Misalnya alergi debu dan hawa dingin. Jika alergi sering kambuh, maka aktivitas kita akan terhambat. Perlu dilakukan upaya tambahan, baik untuk pencegahan maupun penanganan ketika alergi terjadi.

Masalah besar lainnya di zaman sekarang ini yang mungkin tidak terjadi di masa sebelumnya adalah beredarnya zat-zat kimia buatan di dalam bahan makanan, udara yang kita hirup dan air yang kita minum. Banyak dari zat-zat kimia tersebut menjadi racun dalam tubuh kita apabila kita konsumsi secara terus menerus. Penumpukan racun di dalam tubuh itulah yang akan memicu berbagai penyakit yang menggerogoti kesehatan kita.

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kita. Dhitta Puti Sarasvati, ibu dosen pegiatan pendidikan, memberikan salah satu tips menuju sehat dengan cara memperbanyak minum air putih dan jus buah. Sebagaimana didukung oleh Ibu Tini dan Melanie, Puti juga mengganggap mempraktekkan pola makan yang lebih sehat, di antaranya dengan memilih makanan-makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi daging adalah salah satu kunci menuju sehat. Masak makanan sendiri juga dianggap penting untuk menjaga kesehatan karena dengan memasak makanan sendiri, kita dapat menjamin kualitas bahan makanan yang digunakan dan penyajiannya.

Konsumsi vitamin juga disarankan untuk menambah amunisi tubuh dalam mempertahankan kesehatan, seperti disampaikan oleh Mia. Tidur cukup dan olah raga secara teratur juga diyakini sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan kita. Meskipun, sebagaimana diakui oleh Selly, kosistensi pelaksanaannya seringkali tidak mudah karena keterbatasan waktu. 

Pengalaman lain diungkapkan oleh Jessis yang menggunakan obat untuk mengurangi rasa sakit kepala yang secara rutin menyerang. Upaya ini dilakukan ketika upaya lainnya, seperti mencoba tidur dan upaya lainnya tidak berhasil. Upaya-upaya terakhir seperti operasi juga akhirnya dijalani oleh Tini dan Melanie ketika upaya-upaya untuk penyembuhan lainnya sudah tidak ada lagi.

Tumbuhan Sumber Obat-obatan. Foto: dokumentasi KAIL
Untuk penyakit akibat alergi, hal yang perlu dilakukan adalah mencegah situasi yang menyebabkan alergi tersebut. Jika kondisi tersebut terpaksa tidak dapat dihindari maka penanganan situasi alergipun harus dilakukan.  Seperti yang diungkapkan oleh Dyana dan Iwut, pemberian obat oleh dokter (baik diminum, dioles maupun disuntikkan) kerap perlu diambil untuk mengatasi kondisi alergi. Jika ditangani dengan baik, penanganan alergi cukup banyak membantu hidup mereka yang terpaksa hidup dengan alergi.

Cara lain untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pikiran agar tetap positif dan sehat. Mia mengungkapkan pengalamannya bahwa ketika ia mengijinkan dirinya untuk menjadi sakit, maka ia akan menjadi sakit beneran. Puti menyatakan bahwa penyakit pikiran ini dapat diatasi dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Senada dengan Puti, Iwut menyatakan banyak berdoa akan membantu kita untuk tetap sehat. Berbeda dengan Puti dan Iwut, Jessis, aktivis lingkungan dari YPBB, memiliki tips yang lain untuk menjaga kesehatan pikiran. Ia menyatakan bahwa menyibukkan diri dengan berbagai hal positif yang akan membantu otak kita agar memikirkan hal-hal yang positif. Jessis juga menuliskan bahwa menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dapat membantu kita untuk berpikir positif dan tetap sehat.

Chakra. 
Kebahagiaan dalam hidup akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Kesedihan yang berkepanjangan dapat menyebabkan beban pikiran bagi kita, yang pada akhirnya, turut mempengaruhi kesehatan kita. Jika kita berbahagia, lebih besar kemungkinan bagi kita untuk tetap sehat. Sebagaimana diungkapkan oleh Asep dan Bu Tini, menjalani kehidupan dengan penuh kebahagiaan akan membantu kita untuk tetap sehat.

Penutup
Demikianlah ulasan tentang masalah kesehatan dan penyelesaiannya, menurut para responden Proaktif Online. Mudah-mudahan pendapat mereka dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup Anda.
***



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...