[Media] Apa itu Fair Trade? Panduan Bagi Masyarakat


Ratri Kustanti dkk
Penerbit: Yayasan Samadi -Justice and Peace Institute & FIDES Books
Tahun: 2003
Jenis: buku, 36 halaman

Perdagangan yang berjalan sekarang ini seringkali tidak adil, menindas kaum lemah seperti buruh, petani dan pekerja anak. Akibatnya kesenjangan antara kaya dan miskin, negara maju dan berkembang makin jauh. Mensikapi hal itu, muncullah gerakan fair trade yang memperjuangkan perdagangan yang adil.
Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi segala informasi ringkas dan mudah dibaca mengenai Fair Trade. Dimulai dari apa itu fair trade, tujuan utama, prinsip-prinsip, sejarah perkembangan dan para pelaku yang terlibat. Dilengkapi pula dengan panduan bagi konsumen mengenai produk-produk yang diperdagangkan, bagaimana cara mendukung gerakan ini dan alamat kontak bagi yang berminat.
Saat ini gerakan fair trade masih belum banyak dikenal di Indonesia, kecuali mungkin di kalangan LSM. Contoh kasus di Indonesia juga masih sangat sedikit. Karena itu akan sangat berguna kalau buku ini juga dilengkapi panduan mengenai bagaimana cara membangun gerakan fair trade, terutama di tingkat lokal dan terutama contoh-contoh penerapannya di Indonesia perlu diperbanyak.
Singkatnya, gerakan ini perlu disebarluaskan dan karena itulah buku ini wajib dibaca.

Tertarik? Silakan kontak:
Yayasan Samadi-Justice & Peace Institute
Jln. Veteran Barat no.79C
Surakarta 57154
Telp/Fax: 62-271-742522
E-mail: samadi@solonet.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...