[JALAN-JALAN] Liburan ala Aktivis


Di sela-sela kesibukan sebagai seorang aktivis, kadang kita tidak ada waktu untuk rehat sejenak bersama orang-orang terkasih. Apakah itu dengan orang tua, pasangan, anak atau bahkan sahabat. Berlibur adalah salah satu kegiatan menarik yang patut menjadi pertimbangan dalam mengisi waktu luang. Berlibur bukan sekedar tidak ‘bekerja’, tapi benar-benar memanfaatkan waktu dengan mengisi kesenangan dan berkumpul bersama. Mungkin ada yang sekedar jalan-jalan di sekitar kota atau ada juga yang sengaja merencanakan jauh-jauh hari sebelumnya untuk berlibur ke luar kota.


Kebanyakan bagi seorang aktivis, waktu libur dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan refreshing dari aktivitas keseharian. Pilihan lokasi liburan menjadi salah satu pertimbangan utama. Ada yang memang pilihan sendiri, diskusi dengan pasangan atau bahkan memenuhi keinginan/minat anak.

Dari hasil wawancara dengan beberapa aktivis, tempat favorit mereka untuk berlibur adalah pergi ke alam terbuka atau daerah wisata alam seperti pegunungan, pantai, dan laut. Tujuannya pun beragam, mulai dari menikmati keindahan alam dan keagungan Tuhan, menikmati udara segar dan menenangkan jiwa. Menyaksikan keindahan alam yang ada dapat membuat kita merasakan kebesaran Tuhan dengan menyaksikan ciptaan-NYA.

Bila lokasi liburan menyesuaikan dengan permintaan anak, biasanya kriteria tempat yang dipilih adalah tempat yang nyaman dan aman untuk aktivitas anak. Ada arena bermain yang ramah anak, terutama yang mengandung  unsur edukasi untuk perkembangan anak. Contohnya mengajak anak ke museum, taman kota, taman hutan raya, outbond, dsb. Selain berwisata, anak-anak juga dikenalkan dengan budaya setempat termasuk potensi yang ada disana. Misalnya tentang jenis hewan dan tumbuhan yang ada, sejarah kawasan tersebut, dan sebagainya.  

Pergi berlibur bisa dilakukan bersama siapa saja. Bagi yang sudah memiliki pasangan atau keluarga, tentunya waktu libur mereka dihabiskan bersama pasangan atau keluarga. Sedang untuk aktivis yang belum berkeluarga, biasanya mereka bersenang-senang bersama kerabat atau sahabat. Bahkan ada juga yang merasa nyaman menikmati liburan sendirian saja. 

Beberapa lokasi yang ada di Bandung bisa menjadi rekomendasi para aktivis untuk mengajak keluarganya berlibur, seperti di kawasan Ciwidey ada Ranca Upas, Situ Patengan, Patuha, dll. Ada tempat-tempat di mana kita bisa memetik stroberilangsung dari kebunnya. Juga ada arena bermain dan melihat kawasan konservasi primata. Lain lagi di kawasan Lembang. Di sana cukup banyak tempat liburan yang menyenangkan, termasuk menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu.

Tapi kita juga bisa menikmati liburan di rumah dengan cara yang menyenangkan, disesuaikan dengan minat dan hobi masing-masing. Misalnya membuat kue, memasak bersama anak-anak,, berkebun, membuat karya seni atau membaca buku bersama anak-anak. Jadi, berlibur tidak melulu dengan bepergian ke luar kota atau keliling kota. Kita juga bisa melakukannya di rumah. Yang penting kualitas bersama keluarga tetap menjadi prioritas.

Selamat berlibur!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...