[Tips] Kiat berinternet untuk komunikasi jarak jauh: Agar Anda dan si Dia Tetap Dekat dan Irit

Siapa bilang internet ‘cuma' media komunikasi yang hanya bisa email dan chatting? Dengan perkembangan internet sekarang ini, bentuk komunikasi manusia perlahan-lahan semakin dimudahkan dan dilengkapi. Hal yang menarik adalah ternyata semua itu makin ekonomis dan terjangkau.

Bagi Anda, pasangan istri-suami atau pacar atau yang terlibat dalam sebuah relasi, yang membutuhkan komunikasi intensif tetapi sementara sedang dalam keadaan terpisah ruang, jarak dan waktu; internet bagai oase di tengah gersangnya media komunikasi murah meriah. Mari kita susuri apa saja aplikasi-aplikasi internet yang bisa ditawarkan untuk membuat hubungan Anda dan si dia yang berjauhan mata tetap dekat di hati. Berikut diantaranya yang populer.

Email
Ini adalah aplikasi internet yang legendaris. Email merupakan sebuah ‘penyempurnaan’ dari bentuk surat menyurat konvensional via pos, karena lebih mudah dan cepat penyampaiannya dengan biaya yang tak kalah ekonomis. Cukup dengan membuat alamat email gratisan di tempat-tempat seperti yahoo, hotmail, lycos, dsb. Fiturnya yang menarik adalah ‘attachment’ yang memungkinkan mengirim file, foto, dsb. Email membutuhkan jeda waktu respon tergantung antar penerima dan pengirim email. Tetapi jika Anda dan si dia mempunyai komitmen “tiada hari tanpa email”, paling tidak dalam jangka waktu 1x24 jam selalu ada kabar via email.

VoIP
VoIP atau voice over internet protocol adalah suatu bentuk sistem komunikasi suara seperti halnya fix telepon biasa (PSTN) tetapi menggunakan teknologi dan saluran internet. Dengan layanan ini berarti kita bisa saling berkomunikasi dengan siapa saja di belahan bumi ini asalkan terhubungkan dengan internet.

Penyedia jasa VoIP yang populer di indonesia dilayani oleh TelkomGlobal 017 dan Indosat GlobalSave 17001. Kelebihan dari layanan ini adalah bisa diakses via telp biasa (PSTN) juga via handphone. Biayanya pun lebih hemat sekitar 80% lebih murah dibandingkan layanan SLI dengan kualitas lumayan.

VOIP-Merdeka
VOIP-Merdeka pada prinsipnya serupa dengan VOIP biasa yaitu menggunakan jaringan Internet Protokol (IP) sebagai media. Perbedaannya dengan VoIP di atas adalah bahwa VoIP-Merdeka hanya dilakukan antar Personal Computer (PC). VoIP-Merdeka lahir dari swadaya masyarakat yang dipelopori Onno W Purbo untuk mewujudkan sarana komunikasi rendah biaya.
Operasionalnya tidak terlalu sukar karena tersedia tutorialnya di website. Hal yang tidak kalah penting adalah keharusan komputer menyediakan fasilitas multimedia yang cukup seperti soundcard, speaker dan microphone. Sama halnya dengan komunikasi berbasis IP, koneksi VoIP-Merdeka ini mensyaratkan kondisi jaringan internet yang stabil.

Skype
Skype merupakan program bebas yang menggunakan teknologi jaringan P2P (peer to peer) yang menjanjikan komunikasi suara kualitas tinggi antar pengguna di seluruh dunia. Operasionalnya juga mudah, cukup download programnya dari website skype.com, instalasi lalu registrasi. Jika Anda dan si dia sudah teregistrasi dan sama-sama online, Anda berdua dapat melakukan percakapan. Sama halnya dengan aplikasi internet untuk komunikasi lisan, Skype memerlukan komputer dengan fasilitas multimedia yang cukup.

Instant Messaging
Ada juga layanan lain yang komplit, Anda bisa ngobrol via teks (chatting) lengkap dengan audio maupun visual. Selain layanan YahooMessenger! (YM!) sebetulnya banyak juga layanan lain seperti AOL Instant Massanger (AIM), MSN Messenger dsb yang mampu menyediakan fitur-fitur ini, tetapi kali ini akan dibahas YM! saja. YM! mirip sebuah komunikasi lisan tetapi menggunakan sarana text sebagai interaksinya. Jika Anda mahir mengetik cepat (blind system) tentu komunikasi via YM! lebih hidup. Operasionalnya pun juga mudah. Cukup download dan instalasi programnya dari website, maka Anda dan si dia dalam contact list yang sama dapat saling berkomunikasi.

Dalam perkembangannya, YM! dan layanan Instant Messaging ini juga menawarkan komunikasi suara dan visual. Tentu otomatis memerlukan hardware baru untuk aktivasinya seperti komputer yang harus mempunyai fasilitas multimedia dan webcam (untuk komunikasi visual). Selain itu agar komunikasi ini lancar diperlukan koneksi internet yang lumayan bagus dan stabil terlebih jika menggunakan webcam. Tetapi tak usah khawatir karena sekarang sudah banyak warnet yang menyediakan fasilitas ini walaupun memang biayanya lebih mahal daripada warnet biasa.

Kesimpulan
Anda bisa saja memakai semua layanan itu secara bergantian karena memang tidak ada yang paling sempurna. Jadi jika hari ini Anda ingin memberi kabar dengan foto, pakailah email dengan attachmentnya. Jika ingin ngobrol tetapi terbatas jaringan internetnya, hari berikutnya pakailah chatting. Jika ada ekstra biaya, hari-hari lainnya pakai saja VoIP dsb. Semua bisa secara kreatif Anda gunakan sehingga Anda dan si dia tetep lengket hingga bertemu kembali!

(Kukuh Ari Yuswanto)

No comments:

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...